Tingkatkan Layanan Satpam, BSDM Gelar Pelatihan Service Excellent
(27/05) Satpam merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan dan pengendalian keamanan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada warga kampus di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan. Biro Sumber Daya Manusia Universitas Ahmad Dahlan berupaya meningkatkan kualitas satpam tenaga alih daya dengan mengadakan Service Excellent. Kegiatan ini berlangsung sebanyak 3 Batch dengan jumlah total 105 satpam tenaga alih daya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16, 18, 20 Mei 2024 di Aula Islamic Center Kampus IV UAD. Pelatihan Service Excellent Satpam Tenaga Alih Daya Batch 1-3 di isi oleh Tim Trainer dari Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.
Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Dr. Hendro Widodo. M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama pelatihan, satpam terlihat lebih refresh, lebih bahagia. Pelatihan Service Excellent ini dibersamai oleh Tim Trainer dari Psikologi. Melalui Service Excellent ini Satpam diberikan materi tentang bagaimana layanan prima yang harus diberikan. Tentu saja bukan hanya satpam tetap yang harus memberikan pelayanan prima, namun satpam alih daya sebagai garda terdepan juga harus memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, pimpinan maupun para tamu yang datang ke UAD.
Hendro dalam laporannya menyampaikan juga menambahkan “Orang yang pertama kali dilihat oleh tamu pasti para satpam, bukan hanya pengamanan saja namun pelayanan prima juga penting. Jika pelayanan dari garda terdepan tidak baik, maka penilaiannya bukan hanya dari perseorangan saja namun kepada UAD. Jika layanan bagus, maka yang bagus bukan hanya dari perseorangan saja, namun UAD juga. Maka penting bagi kami dari BSDM sebagai fasilitator untuk memberikan pelatihan pelayanan prima kepada seluruh satpam, baik yang tetap maupun yang tenaga alih daya”
Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UAD, Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum pada pembukaan menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah hadir. Norma menyampaikan bahwa satpam alih daya juga masuk kedalam keluarga besar Universita Ahmad Dahlan sehingga diadakan pelatihan ini sebagai penyegaran. Materi yang disampaikan tentang bagaimana esensi bekerja, bagaimana memahami anak muda sebagai konsumen kita. Norma menambahkan bahwa kontribusi bapak/ibu satpam sangat berarti bagi kebesaran UAD. Bapak/Ibu satpam tersenyum dengan tamu sangat berarti. Semoga bapak/ibu bisa menikmati kegiatan ini, jika ada kekurangan bisa memberi masukan kepada Biro SDM dan memberikan feedback.
Diakhir peserta diminta memberikan feedback dan evaluasi pelatihan Service Excellent. Peserta menuliskan “pelatihan menyenangkan dan tempat yang nyaman” “Sudah baik kak, saya sangat puas” “Tetap dilaksanakan untuk kedepannya” “Kalau bisa diadakan tiap tahun utk pelatihan ini” “Harus diadakan lagi dengan judul yang lain” “Sangat membantu sekali buat saya kedepannya” imbuh salah seorang peserta pelatihan.